Pages

Profil Sanggar Baca Jendela Dunia

SANGGAR BACA JENDELA DUNIA
“kita baca, kita pintar”
“kita pintar, kita kaya”
  
Sejarah
      Sanggar Baca Jendela Dunia dirintis sejak 29 Juli 2007  oleh Ibu Karlina Helmanita, MA dan secara resmi didirikan atas dukungan suami tercinta, bapak Dr. Sihabudin Noor, MA. Keduanya dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Pendirian ini ditandai dengan peringatan satu tahun Sanggar Baca Jendela Dunia dalam launching pustaka komunitas dan khatam al-Qur’an pada 10 Agustus 2008 oleh Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional, Prof. Dr.  Fasli Jalal. Keberadaan sanggar kemudian dilegalkan dengan akta notaris Lilik Martono, SH pada 1 Oktober 2010.
      Latar  belakang pendirian Sanggar Baca Jendela Dunia berangkat dari keprihatinan keduanya pada rendahnya minat baca di lingkungan tempat tinggal mereka di RT 01 RW 02 Legoso Ciputat Timur, dan minimnya sumber daya manusia pada rasa cinta pada baca tulis baik al-Qur’an dan baca non-qur’ani secara sistematis dan profesional. Sebuah pemandangan yang kontras dengan kondisi Ciputat sebagai kota pendidikan dan berdirinya 3 perguruan tinggi Islam (UIN Syari Hidayatullah Jakarta, Institut Ilmu al-Qur’an, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta) di Jakarta.
        Karenanya pada tahap awal, sanggar ini masih tanpa nama dan baru dapat memberi pelayanan seputar kegiatan baca tulis al-Qur’an. Aktivitas tersebut juga mendapat dorongan dan inspirasi dari Nadya (8,5) dan Shemil (8 tahun) keduanya kakak beradik putri bapak Sihab dan Ibu Karlina yang menyumbangkan sekitar 300 judul buku dan memberikan sumbangan nama ”sanggar baca” yang kemudian dilengkapi dengan nama  Sanggar Baca Jendela Dunia. Berawal dari buku sumbangan mereka, Sanggar Baca Jendela Dunia mengelola koleksi buku dengan standar Dewey Decimal Classification (DDC). Sanggar Baca Jendela Dunia diresmikan oleh Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Dr. Fasli Jalal pada 10 Agustus 2008.
      Nama sanggar baca “Jendela Dunia” diambil dari 4 terminologi kata yaitu: pertama sanggar berarti tempat untuk belajar seni, atau tempat untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan kegiatan seni. Kedua kata membaca diambil dari kata Arab qara-a, yaqra-u, qiraatan, iqra’ , diambil dari prinsip dasar Islam dalam surat al-‘Alaq yang mengajarkan rasulullah pertama kali adalah perintah membaca. Seiring dengan itu kegiatan membaca tidak semata mengetahui simbol-simbol atau huruf semata namun juga merupakan sekumpulan aktivitas pengetahuan yang mengikat. Ketiga kata jendela adalah tempat keluar masuknya informasi dan ilmu pengetahuan. Melalui jendela ilmu pengetahuan, maka komunitas sanggar tidak saja menjadi komunitas yang hanya cinta baca, cinta ilmu, namun juga menjadi raushan fikr (pemikir yang tercerahkan) yang berbudi luhur. Keempat kata dunia adalah batasan yang berbatas dan tak terbatas. Berbatas karena titik akhir kegiatan sanggar adalah duniawi, namun diharapkan dapat menjadi bekal baik dunia dan akhirat. Pengetahuan yang mendunia adalah tak terbatasnya informasi, kreativitas dan inovasi untuk terus berkarya.
       Dengan demikian fokus kegiatan sanggar ditujukan untuk meningkatkan rasa cinta komunitas terhadap buku dan beragam sumber literatur (umum dan agama). Dari kegiatan ini, sanggar baca jendela dunia dapat menyemaikan tradisi baca tulis komunitas, tanpa sekat agama, sosial, dan budaya. Dari tradisi ini pula, sanggar ini diharapkan mampu melahirkan komunitas yang cinta ilmu, jujur, kreatif, inovatif dan berbudi luhur.
        Sanggar baca ”Jendela Dunia” diharapkan dapat menjadi salah satu arena belajar alternatif di wilayah Ciputat. Sebagai kota pendidikan, Ciputat harus memiliki banyak ruang untuk memberikan kesempatan pada anak-anak dan generasi muda untuk mengembangkan daya kreativitasnya. Ciputat juga harus memiliki banyak ruang untuk berkarya. Sehingga setiap jejak intelektualitas, seni, dan budaya dapat terekam dan terus dapat dibaca ulang oleh setiap generasi.


VISI     :
Meningkatkan kesadaran literasi; mulai dari tahap melek huruf sampai melek pengetahuan, budaya, dan sosial dengan daya kritis dan kepekaan pada beragam persoalan yang terjadi pada tingkat lokal, nasional dan internasional
MISI     :
Menyelenggarkan pelayanan, pelatihan, pengkajian,  dan penelitian,  dan penerbitan di bidang pendidikan literasi, bahasa, seni, sastra, dan budaya.
Program dan Kelas
  1. Kelas Qur’an - dasar (Iqra’ Bilqis)-menengah (tashih)-terampil (tartil)
  2. Kelas Tahfidz (Kelas khusus)
  3. Kelas Eksak
  4. Kelas baca tulis
  5. Kelas Menulis untuk Calon Penulis
Aktivitas Pendukung
  1. Pustaka Sanggar
  2. Publikasi
  3. Seni dan Budaya
Mentor & Relawan 
        Mentor adalah pembimbing atau instruktur komunitas. Mentor tidak dipersepsikan sebagai guru yang harus ditakuti, karena sanggar baca ini mencoba menciptakan satu ruang komunikasi yang demokratis. Sehingga anggota komunitas dapat berbicara terbuka kepada semua mentor kapan saja dibutuhkan.
        Relawan adalah orang atau kelompok yang dengan sukarela menyediakan waktu dan tenaganya untuk membantu kegiatan ad hoc Sanggar Baca Jendela Dunia.


Jejaring dan Kerjasama
  1. Pemerintah Daerah Kota Tangerang Selatan
  2. Ma’had ’Ali UIN Jakarta
  3. Madrasah Pembangunan UIN Jakarta
  4. Komunitas 1001 buku
  5. Forum Indonesia Membaca
  6. Center for Social Marketing Jakarta
  7. Penerbit Hikmah MIZAN
  8. Kompas Gramedia (Dana Kemanusiaan Kompas)
  9. Dompet Dhu’afa
  10. Teater Syahid UIN Syarif Hidayatullah
  11. Garuda Food
  12. BILQIS Centre
  13. Radio Suara Edukasi
  14. TVRI
  15. Naml Foundation
Mitra 
       Sanggar baca Jendela Dunia mengajak individu, komunitas, lembaga swadaya masyarakat (LSM), pemerintah, pusat-pusat kebudayaan, Corporate Social Responsibilty (CSR) perusahaan untuk berpartisipasi dalam upaya-upaya pengembangan literasi di Indonesia melalui  bentuk kemitraan sebagai berikut:
  1. Program: Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan bersama atau pertukaran sumber daya dalam kegiatan yang memiliki tujuan untuk pengembangan budaya literasi di Indonesia.
  2. Donasi: Dukungan dana untuk pengembangan pusat belajar masyarakat yang dikembangkan Sanggar Baca Jendela Dunia.
  1. Ziswaf (zakat, infak, sedekah, wakaf): Menyalurkan dan memberdayakan dana ziswaf untuk kegiatan produktif yang dikembangkan Sanggar Baca Jendela Dunia.
  1. Orangtua Asuh: Memberikan kesempatan pada masyarakat yang mampu untuk menjadi orangtua asuh bagi satu anak yatim/piatu yang tidak mampu. Dengan menyisihkan Rp. 100.000/bulan selama 1 tahun berarti Anda telah mengadopsi satu anak untuk menjadi komunitas Sanggar Baca Jendela Dunia. Sanggar Baca Jendela Dunia akan memberikan laporan setiap 4 bulan sekali kepada orang tua asuh.
  2. Sponsor: Dukungan dana disesuaikan dengan program yang dipilih, dalam rangka mendukung pelaksanaan program Sanggar Baca Jendela Dunia dengan kesepakatan dan jangka waktu tertentu. Sanggar Baca Jendela Dunia akan mengirimkan laporan sesuai dengan standar operasional mitra lterasi, termasuk memberikan laporan di akhir kegiatan.
  3. Gerakan Baca dan Wakaf Buku: Melakukan sosialisasi dan kampanye gerakan baca dan wakaf buku untuk menambah koleksi buku Pustaka Sanggar Baca Jendela Dunia. Anda dapat menyalurkan wakaf buku dengan in kind atau cash.   
Pengurus


Pendiri dan Pembina                                       : Dr. Sihabudin Noor, MA
Ketua                                                            : Karlina Helmanita, MA
Sekretaris                                                     : Taat Budiono, S.S
Bendahara                                                    : Tuti Mutia, S.Pd
Koordinator Kelas Qur’an                                : Zainul Arifin
Koordinator Kelas Tahfids                                : Abdul Aziz
Koordinator Kelas Eksak                                 : Diyono
Koordinator Kelas Baca Tulis                          : Luthfiah
Koordinator Kelas Menulis calon Penulis       : Ana Monica Rufisa, S.Pd


Alamat
Sanggar Baca Jendela Dunia
Jl. Legoso Raya No. 69 RT 01 RW 02 Pisangan Ciputat Timur
Telp.    : 021 70704235 dan 0852 8547 4220
Email   : sanggarbacaendeladunia@yahoo.co.id
              sanggarbacajendeladunia@gmail.com
Fb        : Sanggar Baca Jendela Dunia
Twitter: @SB Jendela Dunia
Blog     : sanggarbacajendeladunia.blogspot.com

Logo Sanggar Baca Jendela Dunia 

 

Dokumentasi Kegiatan
 Ketua Sanggar Bersama Akmal Nasery Basral (Penulis Sang Pencerah)

 Pendiri dan Ketua Sanggar Bersama A. Fuadi (Penulis Negeri 5 Menara) dan Akmal Nasery Basral (Penulis Sang Pencerah)

 Pendiri dan Ketua Sanggar Bersama Wakil Menteri Pendidikan Nasional

 Ketua Sanggar Bersama A. Fuadi (Penulis Negeri 5 Menara)

Kak Tia dan Kak Monic

 Buka Puasa Bersama

Kak Dion

Kak Suray
 
 Kak Zainul
 Kak Uni dan Kak Upi (kiri ke kanan)

Kak Uli 
Bang Edy (Sang Fotografer)






0 komentar:

Posting Komentar

Cari